Menciptakan Pembelajaran Masa kini di era kebiasaan baru
Sekarang ini kita semua bahkan di Dunia di hadapkan pada masa atau era kebiasaan baru akibat Covid 19 yang sudah mewabah ke berbagai belahan Dunia bahkan berpengaruh besar terhadap semua lini dan sendi kehidupan dalam kehidupan sehari hari,Khususnya Dunia Pendidikan juga terimbas akan hal ini dan sebagai seorang Guru saya pribadi tergerak bagaimana mencari berbagai terobosan dalam pembelajaran khususnya dalam menciptakan dan mengajar yang sesuai dan menyenangkan disukai siswa dalam masa pandemi ini seperti pembelajaran masa kini.
Karena seperti kita ketahui sekarang ini kita semua dihadapkan pada era kebiasaan baru yang menuntut kita semua untuk sama sama belajar bagaimana mencari sebuah solusi dan menciptakan model model pembelajaran yang menarik,media pembelajaran yang menarik dan diharapkan dapat tetap meningkatkan gairah para siswanya untuk belajar pada masa era kebiasaan baru.
Berdasarkan dari berbagai fakta dilapangan yang dihadapi oleh sebagian Guru khususnya saya pribadi tentang bagaimana menciptakan sebuah model dan desain pembelajaran yang menarik atau masa kini dalam artian di senangi dan di gemari para siswanya sehingga siswa tersebut tidak mengalami kejenuhan dalam belajar mereka.
Terdapat beberapa alternatif dalam menciptakan pembelajaran masa kini berdasarka pengalaman mengajar daring selama pandemi covid 19 yang saya pribadi alami sebagai seorang Guru SMK terutama dari pribadi dan dari berbagai siswa dan khusus untuk siswa rata rata mereka sangat menyukai model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan konsep kekinian yang sesuai dengan generasi mereka terutama sekarang ini Generasi Z tentunya berbeda dengan generasi sebelumnya yang serba ingin instan,multicasting,kritis dan lain sebagainya.
Dan yang menjadi kendala selama ini bagi siswa adalah tentang kuota internet karena bagi mereka mungkin belum terbiasa menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran yang sebenarnya kalau di telusuri sama juga dengan kegemaran anak jaman sekarang yang senang berlama lama di depan gadget mereka baik medsos,menonton vidio youtube,bermain game online dan kegiatan online lainya yang juga dapat menghabiskan kuota dalam jumlah besar,dan hal ini perlu adanya pengarahan bagi siswa dan juga diberi edukasi tentang berbagai aplikasi pembelajaran daring yang di gunakan para Bapak Ibu Guru mereka.
Kendala lain juga dari Guru belum terbiasa mencari dan menciptakan,melakukan riset atau penelitian tentang model dan media pembelajaran yang menarik bagi para siswanya sehingga hal ini banyak dikeluhkan para orang tua yang menyarankan terlalu banyak tugas yang diberikan para guru yang hanya monoton dan kurang memberi rangsangan untuk menarik siswanya supaya tertarik pada pembelajaran bagi guru.
Berdasarkan dari kendala tersebut baik dari siswa dan guru maka perlu adanya kuota yang terjangkau bagi para siswa sehingga mereka dapat dengan mudah dan nyaman mengakses berbagai aplikasi pembelajaran yang digunakan para Guru mereka dan Kendala bagi Guru tentunya harus belajar atau mengadakan berbagai pelatihan tentang membuat berbagai konten pembelajaran yang menarik bagi siswanya sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan dan berbagai tugas yang perlu mencari inovasi dalam pembelajaran dengan menciptakan berbagai terobosan dan inovasi dalam pembelajaran bagi para guru.
Berdasarkan dari Kegemaran siswa akan gawai mereka dan berbagai akses yang mereka lakukan di dunia maya mereka rata rata menyukai vidio contohnya dengan mengakses youtube,facebook,Instagram dan lainya,hal ini tentunya lebih menarik jika menciptakan berbagai model desain vidio pembelajaran yang menarik bagi siswa untuk inovasi dalam pembelajaran misalnya saja dengan menggunakan google classroom diberi inovasi media vidio pembelajaran dari guru melalui link youtube dan yang lainya.
Siswa juga sebagian besar menyukai berbagai jenis permainan seperti game,disini dapat juga dengan memadukan membuat sebuah game pembelajaran baik dengan aplikasi android atau dengan memadukan soal dengan game permaian seperti quiziz,kahoot dan berbagai game pembelajaran lainya yang merupakan kegemaran dari sebagian besar generasi sekarang.
Dalam pembelajaran juga guru memerlukan interaksi seperti menggunakan berbagai aplikasi vidio conference seperti Zoom,Webex,Meet dan aplikasi lainya yang dapat dilakukan guru untuk tatap muka dan berinteraksi dengan siswa sehingga pembelajaran semakin atraktif dengan interaksi dan tidak hanya tugas saja yang diberikan yang berpotensi membuat jenuh para siswa.
Dari berbagai Kendala,permasalahan di masa pandemi dengan era kebiasaan baru dapat disimpulkan perlu adanya kuota yang terjangkau bagi siswa sehingga dapat dengan nyaman mengakses berbagai aplikasi dalam pembelajaran mereka,Bagi Guru perlu adanya pelatihan membuat berbagai konten konten menarik dalam pembelajaran seperti vidio,modul,game pembelajaran,menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran yang berkaitan dengan interaksi dengan siswa baik melalui vidio conference,youtube,blog,dan berbagai medsos lain.
Dengan kata lain kita sebetulnya dengan adanya Covid 19 selangkah lebih maju dalam menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran dari era sebelumnya yang berkaitan dengan teknologi khususnya di era Industri 4.0 yang banyak menggunakan internet dan robot dalam berbagai bidang dengan menciptakan,mencari terobosan baru dalam pembelajaran masa kini.
Belum ada Komentar untuk "Menciptakan Pembelajaran Masa kini di era kebiasaan baru"
Posting Komentar